PENARUBAN – Dalam filosofi Jawa, organisasi atau lembaga akan hidup dan mengalami kemajuan jika didalamnya ada empat hal dalam manajemenya, yakni Temu, Ramu, Laku dan Traju.

Demikian diungkapkan oleh Bidang Kemitraan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabuputen Purbalingga, Jawa Tengah, Supono, dalam acara Tarling Pemerintah Desa (Pemdes) Penaruban Tim A di Mushala al Hikmah Padukuhan Bongok, Sabtu (18/5/2019) malam.Supono, dalam sambutanya di acara Tarling Pemdes Penaruban di Mushala Al Hikmah (Foto: Imam)

“Menurut cerita Bapak saya, dalam perkumpulan atau berorganisasi harus ada pertemuan (temu), kemudian ada musyawarah (ramu) yang menghasilkan kesepakatan atau keputusan dari pendapat masing-masing.

Selanjutnya keputusan hasil musyawarah itu dijalankan (laku) dan terahir ada evaluasi. Artinya jika hal itu bagus/baik maka diteruskan (traju),” kata Supono dalam kata sambutanya mewakili Ketua LPMD.

Untuk itu, menurutnya dengan adanya BPD, LPMD, Karang Taruna dan lembaga pemerintahan lainya akan maju jika ada empat hal tersebut.

Disisi lain, hal itu juga menunjukan semakin mudah bagi masyarakat untuk menyampaikan saran, ide maupun gagasan kepada Pemdes melalui lembaga yang sudah ada.

Maka dari itu, Supono berharap masyarakat untuk tidak segan-segan memberi masukan, dukungan maupun kritik dalam menyusun atau merencanakan pembangunan melalui Musdus (Musyawarah Dusun) maupun Musdes (Musyawarah Desa).

Menyambung hal tersebut, Anggota LPMD Bidang Keagamaan, Imam Edi Siswanto, saat tausiyah mengatakan perlu adanya persiapan perencanaan yang baik dan terukur yang didasarkan pada profesionalitas dan moralitas.

“Kami berharap jemaah atau warga Desa Penaruban memiliki semangat membangun dengan niat yang tulus demi kemajuan bersama,” harapnya.

Salah satunya, lanjut dia, yakni dengan bermuhasabah atau mengoreksi diri dengan memperbanyak istighfar mohon ampun kepada Allah SWT. Agar segala sesutu yang direncanakan dalam pembangunan itu mendapat petunjuk, keselamatan dan keberkahan sesuai empat hal tersebut, yakni temu, ramu, laku dan traju.

Kades Penaruban, Siti Syarifah, S.Pd dalam sambutanya di acara Tarling Pemdes Penaruban di Mushala Al Hikmah (Foto: Imam)

Sementara itu, sebelumnya Kepala Desa Penaruban, Siti Syarifah, S.Pd, dalam sambutanya mengingatkan kembali kepada warga khususnya jemaah mushala al Hikmah untuk menggiatkan kembali Sisitim Kemanan Lingkungan (Siskamling) dan membudayakan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, Kades Penaruban juga mengajak kepada warga terutama warga yang mampu untuk membayar zakat mal, berinfaq dan bersedekah.

Ketua Karang Taruna, Ade Gunawan, MPd saat menyerahkan bingkisan kepada Takmir mushala al Hikmah, Suratno di acara Tarling Pemdes Penaruban (Foto: Imam)

Di ahir acara, Ketua Karang Taruna, Ade Gunawan, MPd mewakili Pemdes Penaruban menyerahkan bingkisan kepada Takmir mushala al Hikmah, Suratno dan dilanjutkan ramah tamah. (ies)