PURBALINGGA – Jelang Ramadhan 2019, sedikitnya 21 remaja masjid dari perwakilan mushala, TPQ dan Forum Komunikasi (FK) di Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah mengikuti acara Pelatihan Menulis Informasi atau Berita Positif.

Acara yang digelar oleh Majelis Taklim Nurul Iman (MTNI) Desa Penaruban dengan narasumber, Imam Edi Siswanto yang sekaligus Pembina MTNI tersebut, digelar di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Penaruban, Minggu (28/4/2019).

Pembina MTNI, Imam Edi Siswanto, mengatakan bahwa sudah saatnya para remaja, pemuda atau pelajar diera milenial mengenal dan mampu menulis informasi atau berita positif.

penaruban belajar menulis

Keterangan Foto:
Suasana acara Pelatihan Menulis Informasi Positif oleh Majelis Taklim Nurul Iman Penaruban di MIM Penaruban, Minggu (28/4/2019) (Foto: Aulia Istiqayana)

“Kami berusaha memberi wawasan dan teknik-teknik dasar tentang menulis informasi yang positif melalui HP berbasis android. Agar para remaja atau pemuda saat ini maksimal dalam penggunaan HP atau gadgetnya,” katanya.

Imam, menjelaskan bahwa setelah peserta mendapatkan materi tentang pengertian dan dasar-dasar kejurnalistikan serta tekhnik menulis atau menyusun informasi/berita. Peserta langsung berpraktik membuat judul dan menulis informasi positif melalui HP masing-masing.

“Alhamdulillah, peserta cukup responsif dan mampu langsung menyusun dan menulis berita di HP masing-masing. Meskipun masih perlu banyak koreksi dan perbaikan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Imam berharap usai pelatihan para peserta mampu mengeksplor informasi atau kegiatan positif dilingkungannya yang terkait Ramadhan, baik di sekolah, Mushala, Masjid, Desa, majelis taklim atau TPQ agar bisa diketahui dan membawa manfaat bagi para pembaca.

Menyadari acara tersebut direspon positif oleh peserta, menurutnya, acara pelatihan akan digelar kembali pada bulan Ramadhan 2019 yang dilanjutkan acara berbuka puasa bersama. Pada Latihan Menulis Informasi Positif kedua akan diisi sesi koreksi dan perbaikan narasi informasi, tekhnik wawancara dan fotografi.

Acara ditutup dengan penilaian lomba menulis informasi positif melalui HP berbasis android dengan hadiah 1 buah kompor gas. (*)

Pewarta : Aulia Istiqayana