PENARUBAN – Pengurus dan Anggota atau Kader PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluargan) Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga harus lebih maju. Salah satunya dengan terus membangun silaturahmi antar pengurus dan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa (Kades) Penaruban, Siti Syarifah, SPd dalam sambutanya di acara Silaturahmi PKK Desa Penaruban di Aula Balai Desa setempat, Kamis 13/6/2019).

Menurutnya, kemajuan atau meningkatnya kuantitas dan kualitas kegiatan PKK tidak bisa terlepas dari silaturahmi. Dan silaturahmi itu, tidak hanya sebatas pada momen lebaran di hari raya Idul Fitri. “Silaturahmi dan saling maaf-memaafkan itu setiap saat,” ucapnya.

Pengurus dan kader PKK bersalaman dengan Kepala Desa Penaruban, Siti Syarifah SPd, pada acara Silaturahmi PKK Desa Penaruban di Aula Balai Desa Penaruban, Kamis (13/6/2019) (Foto: ies)

Karena, lanjut dia, silaturahmi itu banyak membawa manfaat. Diantaranya dengan silaturami PKK Desa Penaruban, maka tingkat keaktifan kader atau pengurus menjadi lebih baik. Dengan demikian program-program yang telah direncanakan akan bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, Kades Penaruban juga berharap kepada kader PKK untuk membangkitkan para kader PKK yang kurang aktif untuk segera bangkit.

Dalam kesempatan itu, Kades Penaruban juga mengucapkan selamat Idul Fitri 1440 H dan permohonan maaf kepada segenap pengurus PKK se Desa Penaruban. Serta ucapan terimakasih kepada para senior Penggerak atau kader PKK, yang telah berkontribusi memajukan Desa Penaruban.

Sementara itu, ucapan ikrar silaturahmi dari Ketua PKK Desa Penaruban, Puji Septi Destari Amd, juga disampaikan. Dari kegiatan silaturahmi PKK tersebut, Puji berharap semua program yang telah direalisasikan bisa membawa manfaat dan kemajuan desa serta menjadi amal ibadah yang diterima Allah SWT.

Hal senada juga disampaikan saat Ikrar silaturahmi dari perwakilan pengurus PKK lainya yang diwakili oleh Laras Setiyowati. Ia berharap PKK Desa Penaruban terus meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatanya. Dan program-program Desa bisa bersinergi dengan kegiatan PKK disemua tingkatan Desa.

Dalam kesempatan itu, acara hikmah Silaturahmi PKK Desa Penaruban diisi oleh Bidang Keagamaan LPMD, Imam Edi Siswanto SAg. Ia, menekankan kepada pentingnya melihat sejarah lahirnya PKK di Indonesia dan Visi Misi PKK serta 10 Program PKK. Kemudian pentingnya bekal iman dan ilmu atau pendidikan pada masa anak-anak.

Acara yang ditutup dengan saling bersalaman ini, hadir pula Kelompok Dasa Wisma dan PKK RT/RW. Usai bersalaman acara di lanjut dengan Rapat Pengurus PKK Desa Penaruban untuk membahas program kegiatan. (ies)