PENARUBAN – Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang Kabuputen Purbalingga, Jawa Tengah, H Sutaryo, SH, mengajak dan mendorong masyarakat untuk membangun Desa dengan jiwa dan semangat kejujuran.

Demikian diungkapkannya dalam acara Tarawih Keliling (Tarling) Pemerintah Desa (Pemdes) Ramadhan 2019 dari Tim A di mushala Hajah Zainab Padukuhan Berubahan, Rabu (15/5/2019) malam.

Ketua LPMD Penaruban, H. Sutaryo, SH dalam acara Tarling Pemdes Penaruban (Foto: Doc Imam)

“Pembangunan fisik dan non fisik harus dilandasi jiwa atau semangat kejujuran. Karena dengan kejujuran dan ketulusan, insyaallah tidak akan ada korupsi,” ungkapnya.

Menurutnya hal ini penting untuk mewujudkan pembangunan di Desa. Karena pada dasarnya semua pembangunan hasilnya akan dinikmati oleh masyarakat.

“Jadi mari bersama-sama membangun Desa dengan semangat bergotong royong” ucapnya.

Senada dengan Ketua LPMD, Imam Edi Siswanto sebagai anggota LPMD Bidang Keagamaan juga berharap kepada jemaah untuk menyamakan pandangan atau persepsi tentang pentingnya membangun fisik dengan diimbangi pembangunan mental sepiritual.

“Kami berharap, warga Desa Penaruban bisa memiliki persepsi yang sama dalam proses pembangunan moral. Yakni memiliki rasa dan tanggung jawab bersama dalam rencana dan pelaksanaan program Pemerintah Desa,” harapnya.

Kades Penaruban, Siti Syarifah, dalam acara Tarling Pemdes Penaruban di Mushala Hajah Zainab (Foto: Imam)

Sementara itu sebelumnya, Kepala Desa Penaruban, Siti Syarifah, S.Pd, dalam kata sambutanya kembali mengingatkan dan mengajak kepada jemaah untuk membudayakan pola hidup bersih dengan menjaga lingkungan. Serta menggiatkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) demi menjaga kemanan dan ketertiban lingkungan.

Dalam kesempatan itu, acara ditutup dengan pemberian tali asih oleh anggota LPMD, Ugi Hartanto, S.Pd kepada Takmir Mushala Hajah Zainab, Nurrohman, S.Pd.

Anggota LPMD, Ugi Hartanto, menyerahkan tali asih kepada Takmir Mushala Hajah Zainab dalam acara Tarling Pemdes Penaruban (Foto: Imam)

Turut hadir dalam acara tersebut, Saein, Arif Pambudi, Supono, Asti Nurida, Sukoco, Sunarti dan Puji Utowo. Dan sebagian Pengurus Karang Taruna Aditya Karya Muda, yakni Iyan, Budi, Niko dan Galih. (ies)