PENARUBAN – Musyawarah Desa (Musdes) Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabuputen Purbalingga yang sukses digelar pada Kamis (12 /6/2019) malam di Aula Balai Desa mencapai 177 usulan lebih.

Musdes yang dipimpin langsung oleh Ketua BPD, H. Slamet Suwandi, ST ini berlangsung cukup dinamis. Secara bergantian perwakilan dari 5 Dusun menyampaikan usulan tambahan, koreksi, penjelasan maupun pertanyaan yang kemudian dilanjutkan dengan kesepakatan.

Dari hasil Musyawarah Dusun pada 11 Mei 2019 lalu, ada 177 daftar usulan atau gagasan yang masuk. Dusun IV diposisi terbanyak dengan 46 gagasan. Disusul Dusun III dengan 30 gagasan. Kemudian Dusun II dengan 28 gagasan, Dusun V dengan 22 gagasan dan terahir Dusun I dengan 21 gagasan.

Namun saat Musdus berlangsung, gagasan tambahan dari para peserta musyawarah terus mengalir sehingga gagasan menjadi berkembang.

Suasana acara Musdes Penaruban di Aula Balai Desa, Rabu (12/6/2019) (Foto: Ies)

Menanggapai hal tersebut, Ketua BPD Penaruban, mengatakan bahwa semua usulan atau gagasan yang masuk tetap ditampung.

“Setelah Musdes ini, selanjutnya TIM 7 akan menyusun RPJMDes atau Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa. Dan juga akan melakukan pengecekan ke lapangan (red: lokasi) untuk memastikan skala prioritas program,” katanya.

Kepala Desa (Kades) Penaruban, Siti Syarifah, SPd, sebelumnya saat menyampaikan sambutan mengatakan bahwa gagasan atau usulan dari setip Dusun atau warga harus sesuai dengan Visi Misi Pemdes dan Pemerintah.

Selain RPJMDes, Pemerintahan Desa juga skan menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang berlaku untuk satu tahun. “Dan RKP Desa ini, harus sesuai yang ada dalam RPJMDes,” jelasnya.

Untuk itu, Kades berharap semua program akan membawa manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hadir juga dalam acara tersebut Pengurus BPD, Ketua LPMD Penaruban, H Sutaryo SH beserta anggota, Kasi Pemerintahan, Saein, Kepala Dusun (Kadus), Ketua RT dan undangan lain. (ies)