PENARUBAN – Pengajian dan Tumpengan, merupakan salah satu tradisi yang ada di masyarakat Desa Penaruban. Khususnya dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.

Seperti yang digelar di tiga Mushala di Padukuhan Penaruban Dusun 1 Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Yakni di Mushala al Huda, al Haq dan an Nuur, Sabtu (4/5/2019) malam.

IMG-20190505-WA0003

Pengajian dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan di Mushala al Huda Dusun 1 Desa Penaruban (Foto: Muthohir)

Tasyakuran dan pengajian digelar sebagai salah satu media atau cara menjalin silaturahmi dan memupuk tali persaudaraan untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan
dengan gembira dan suka cita.

Sebelumnya, Jumat (3/5/2019) malam Takmir Mushala dan jemaah al Huda telah menggelar tasyakuran dan hari Sabtu (4/5/2019) dilanjutkan dengan pengajian.

IMG-20190505-WA0002

Doa bersama dan Tasyakuran dalam rangka menyambut Ramadhan 2019 di Mushala al Haq Dusun 1 Desa Penaruban (Foto: Imam)

Sama halnya di mushala al Haq, acara tasyakuran dengan dua buah tumpeng yang digelar usai sholat maghrib secara sederhana ini juga penuh oleh para jemaah.

Doa memohon keselamatan dan keberkahan yang dipimpin oleh Ketua Takmir Mushala al Haq, Sukardi, tampak khusuk diikuti oleh anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Sementara itu, usai sholat Isya berjemaah. Mushala an Nuur yang berada di komplek MIM Penaruban pun tampak ramai oleh para jemaah. Mahasiswa KKN dari Kelompok 1 IAIN Purwokerto pun tampak hadir dan berbaur dengan jemaah.

IMG-20190505-WA0004

Acara potong tumpeng oleh Ketua Takmir Mushala an Nuur Dusun 1 Desa Penaruban, Abdul Aziz, Sabtu (4/5/2019) (Foto: Imam)

Sambutan dari Ketua Takmir Musahala an Nuur, Abdul Aziz dan Tausiah dari Imam Mushala, H Nur Hamam, menambah suasana dalam menyambut Ramadhan terasa semakin memperkuat tali persaudaraan dan siap menyambut Ramadhan 2019.

Sebagai informasi, selain pengajian dan tasyakuran. Ketiga Mushala tersebut juga telah membuat jadwal donasi buka puasa dan jadwal kultum tarawih dan subuh. Sejumlah agenda kegiatan mengisi Ramadhan pun sudah disiapkan, seperti diklat dasar jurnalistik, diklat kultum/dai, buka bersama, pentas seni santri dan lain-lain.

Pewarta: Ies