PENARUBAN – Aktiftas Ronda di malam hari bagi sebagian warga Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabuputen Purbalingga, Jawa Tengah menjadi bukti terciptanya lingkungan yang aman.

Demikian yang diungkapkan oleh Heri, Imam dan Pujo saat melaksanakan tugas rutin di Pos Kamling RT 01/09, Kamis ( 3/5/2019) malam.

IMG-20190504-WA0003

Heri, saat sedang melakukan penghitungan uang hasil jimpitan ronda (Foto: Imam)

“Keamanan jadi sangat penting bagi terciptanya kehidupan yang nyaman dan tenteram di masyarakat,” kata, Heri disela-sela aktifitas ronda.

Selain melakukan aktifitas pemantauan situasi dengan berkeliling kampung. Keduanya juga melakukan pencatatan hasil jimpitan atau iuran Rp 500 dari setiap rumah warga di RT setempat.

Sebagai bahan laporan dan evaluasi pada rapat RT, aktifitas yang dimulai pukul 22.00 WIB hingga dini hari ini juga mencatat kejadian atau peristiwa selama ronda.

IMG-20190504-WA0002

Imam, saat mengambil uang jimpitan sambil keliling kampung di RT 01/09 Desa Penaruban (Foto: Pujo)

Imam, keterlibatan aktif masyarakat dalam Sistem Keamanan Lingkungan atau Siskamling sangat dibutuhkan.

“Kalau semua warga, bisa melaksanakan Siskamling dengan baik, rutin dan berkelanjutan. InsyaaAllah, rasa aman dan tenang bisa dirasakan oleh semua warga,” ucapnya.

Kesadaran dan tanggungjawab dalam aktifitas ronda juga dibuktikan oleh Pujo. Sepulang dari Yogyakarta, Pujo tetap menyempatkan hadir di Pos Siskamling dan turut menjaga kemanan dengan keliling kampung. (*)

IMG-20190504-WA0004

Pujo, saat sedang memukul kentongan do POS Ronda RT 01/09

Pewarta : Admin