PENARUBAN – Dalam rangka menyerap aspirasi warga, Pemerintah Desa (Pemdes) Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menggelar Musyawarah Dusun (Musdus) serentak di Aula Balai Desa Setempat, Sabtu (11/5/2019) sore.

Dalam pelaksanaannya, Musdus dari kelima Dusun tersebut secara terpisah melakukan musyawarah dengan dipimpin langsung oleh Kepala Dusun (Kadus) masing-masing. Dengan peserta Ketua RT, RW dan tokoh masyarakat diwilayahnya, seperti pemuda, pemuka agama dan PKK.

Kepala Desa Penaruban, Siti Syarifah, yang hadir dalam acara tersebut dalam sambutanya mengatakan Musdus merupakan media resmi untuk menampung ide, usulan atau gagasan dari warga Dusun untuk bahan pembahsan pada Musdes (Musyawarah Desa). Kemudian usulan dari Musdes tersebut dibuat Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes).

Acara Musdus serentak di Balai Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Sabtu (11/5/2019) (Foto: Siti Nurlaely)

“Semua warga masyarakat Desa Penaruban bisa memberika gagasan atau usulan. Baik usulan pembangunan infrastruktur maupun pembangunan non infrastruktur, seperti program pemberdayaan masyarakat,” kata Kades Penaruban dalam sambutanya.

Kades Penaruban, menjelaskan bahwa pendapat dan usulan itu meliputi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pembangunan Desa, Pembinaan Kemasyarakatan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

“Dari usulan-usulan tersebut akan dimasukkan menjadi kumpulan usulan yang dimuat dalam RPJMDes sebagai pedoman Kepala Desa untuk membangun Desa 6 tahun ke depan yang tentunya sesuai dengan Visi dan Misi Pemdes dan Pemerintah,” jelasnya.

Dalam acara Musdus tersebut dihadiri pula oleh Ketua BPD dan LPMD, Pendamping Desa, Kepala Dusun, Tim Penyusun RPJMDes atau Tim 7, Ketua Rukun Tetangga (RT) dan perwakilan masyarakat Dusun yaitu Tokoh agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda. (*)