PENARUBAN – LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa) Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabuputen Purbalingga untuk tahun pertama (red: 2019) akan menggelar sedikitnya delapan program kegiatan.

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat LPMD yang digelar di Aula Balai Desa Penaruban, Minggu (16/6/2019) malam.

Ketua LPMD Penaruban, H Sutaryo SH, mengatakan delapan program kegiatan tersebut akan segera digelar mulai bulan Juli 2019. Dan untuk suksesnya kegiatan itu, LPMD akan berkoordinasi dengan semua stake holder, yang meliputi Pemerintah Desa, BPD, PKK, Karang Taruna dan RT/RW.

“Lembaga atau komunitas lain yang ada di masyrakat juga akan kami hubungi. Dengan tujuan agar semua program kegiatan bisa tersosialisasi dengan baik dan hasilnya efektif dan efisien,” katanya.

Dari Kanan, Kades Penaruban Siti Syarifah SPd, Sekretaris dan Ketua LPMD Penaruban, Nurrohman, SPd dan H. Sutaryo, SH pada acara Perencanaan Program LPMD tahun 2019 di Aula Balai Desa, Minggu (16/6/2019) (Foto: ies)

Delapan program kegiatan yang akan dilaksanakan, antara lain. Pertama untuk Seksi Agama, meliputi Pendataan dan Pembentukan Paguyuban Pengusaha Desa (UMKM/UKM) dan Sosialisasi atau Penyuluhan Produk Halal.

Kedua Seksi Pendidikan dan Keterampilan, yakni Pendataan Anak Putus Sekolah dan Sosialisasi tentang wajib belajar 12 tahun. Ketiga Seksi Kambtibmas, yakni Pendataan Pos Kamling.

Kemudian keempat, Seksi Pembangunan dan Lingkungan Hidup, yakni Pembuatan dan Pemasangan Papan Informasi di tempat-tempat strategis. Kelima Seksi Kesehatan, yakni Sosialisasi Pencegahan Demam Berdarah.

Lalu keenam Seksi Organisasi dan Kemitraan, yakni Pendataan UKM dan Produk Unggulan Desa. Ketujuh, Seksi Pemberdayaan Perempuan adalah Pelatihan Tata Boga. Ketujuh Seksi Ekonomi Kerakyatan, yakni Pembentukan Bumdes. Dan kedelapan Seksi Pemuda dan Olahraga, rencana program segera akan menyusul.

Selain akan melakukan koordinasi dan sosialisasi kegiatan sesuai dengan tugas pokoknya. LPMD juga akan membantu kegiatan Pemdes dan Masyarakat dan Penyuluhan tentang keberhasilan pembangunan Pemerintah melalui pertemuan-pertemuan RT maupun RW.

Dalam kesempatan rapat yang dipandu oleh Sekretaris LPMD Penaruban, Nur Rohman SPd itu, Kepala Desa Penaruban, Siti Syarifah SPd, mengucapkan terimakasih kepada LPMD atas kerjasamanya. Dan ia berharap seluruh rencana program bisa berjalan dengan baik dan sukses.

“Kita harus bekerja sesuai dengan tugas masing-masing atau bidangnya agar teratur dan tertib,” ucapnya. (ies)