PENARUBAN – Warga Desa Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah sepakat menolak penambangan galian C dengan alat berat karena tidak memiliki ijin operasional dan diduga bisa merusak lingkungan.

Kesepakatan tersebut, muncul dalam acara musyawarah antara Pemdes Penaruban dengan warga, tokoh masyarakat dan lembaga Pemerintah Desa. Di Aula Balai Desa Penaruban, Selasa (1/5/2019) malam.

IMG-20190503-WA0034

Keterangan Foto:
Suasana Musyawarah antara Pemdes Penaruban dan Warga membahas persoalan penambangan Galian C di Aula Balai Desa Penaruban, Selasa (1/5/2019) (Foto: Ies)

Musyawarah yang dipimpin oleh Ketua BPD Penaruban, H. Slamet Suwandi, ST berjalan lancar dan cukup dinamis. Perwakilan dari lima Dusun menyampaikan pendapat dan ketidaksetujuanya secara bergantian, termasuk dari tokoh agama dan masyarakat.

Dari hal tersebut, Kepala Desa Penaruban Siti Syarifah menegaskan bahwa perlu dibuatkan surat hasil musyawarah.

“Hasil dari musyawarah malam ini, selanjutnya akan dituangkan dalam surat resmi untuk diketahui semua pihak yang berkepentingan,” katanya menegaskan.

Selain itu, dalam acara tersebut peserta musyawarah juga sepakat untuk menutup akses jalan yang biasa dipakai untuk usaha penambangan Galian C. (*)

Admnin