Kantor Balai Desa Penaruban (Foto : Dok)

PENARUBAN – Demi mencegah penyebaran virus Covid-19 Pemerintah Desa (Pemdes) Penaruban, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat Desa Penaruban untuk tetap tinggal di rumah sesuai imbauan pemerintah.

Dalam imbauan keliling kampung tersebut, tampak beberapa aparat Pemerintah Desa bersama Babinsa dan Babinkantibmas Desa Penaruban tampak mengendarai mobil bak terbuka. Imbauan atau pengumuman ini, disampaikan langsung melalui pengeras suara, Minggu (29/3/2020).

Imbauan agar masyarakat tetap tinggal dirumah, bertujuan untuk memutus rangkaian penyebaran virus Covid-19. Masyarakat juga diminta untuk menghindari kerumunan masa. Dan kepada para para perantau yang baru mudik untuk segera melaporkan diri dan mengisolasi diri selama 14 hari dan jangan mengangap remeh tentang virus Covid-19.

Kepala Desa Penaruban, Siti Syarifah, SPd sebelumnya juga telah mengeluarkan surat imbauan kepada masyarakat melalui Ketua RT tertanggal 27 Maret 2020 nomor 443.1/1075.

Berikut Isi surat imbauan tersebut.

  1. Melakukan pola hidup bersih dan sehat.
  1. Istirahat yang cukup.
  1. Gunakan masker selalu.
  1. Mengurangi aktifitas/kegiatan di luar rumah.
  1. Melaporkan ke dinas terkait apabila ada warga perantau atau warga masyarakat yang baru pulang bepergian dari luar daerah.
  1. Meniadakan aktifitas yang menjadikan berkumpulnya masa.
  1. Untuk sementara rapat RT dan rapat PKK RT untuk bulan April ditiadakan sampai menunggu informasi lebih lanjut.
  1. Warga masyarakat untuk selalu waspada dan tidak panik.

Selain itu, dalam usaha pencegahan penyebaran virus Covid-19 Pemdes Penaruban juga mengingatkan untuk selalu cuci tangan pakai sabun sesering mungkin. Dan jika terpaksa keluar rumah untuk kepentingan mendesak, disarankan menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak melakukan kontak fisik. (ies).